Luri, Kuraesin and Nurul Husnah Mustika, Sari and M. Arif, Kurniawan and Arditya, Prayogi and Rhischa Assabet, Shilla and Riki, Nasrullah (2024) Pendampingan Mengajar Mengaji di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Musala As-Salam Dusun Winong Pekalongan. KIAT Journal of Community Development, 3 (1). pp. 23-29. ISSN 2830-3369
Text
uin+gusdur+pub.pdf - Published Version Download (839kB) |
Abstract
Keberadaan rumah ibadah berupa musala diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya kegiatan mengaji Al-Qur’an dalam bentuk Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ. TPQ sendiri memiliki beragam peran penting, utamanya dalam proses pendidikan informal (keagamaan) di masyarakat. Dengan demikian, kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan sebagai upaya pendampingan mengajar mengaji khususnya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Musala As-Salam Dusun Winong Pekalongan sebagai bagian dari upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas maupun kemampuan anak-anak dalam membaca, menulis, dan termasuk pula menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar, serta memfasilitasi kegiatan mengaji di bulan ramadan. Pendampingan dilaksanakan dengan metode service learning dalam tiga tahapan, berupa tahapan pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil akhir dari pengabdian ini menunjukkan hasil bahwasanya pendampingan mengajar mengaji Al-Qur'an di Musala As-Salam memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman kepada anak-anak mengenai Al-Qur'an dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat secara luas. Kegiatan ini juga direspon dengan baik dan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengaji Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Membaca Al Qur’an |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 200 Religious Mythology, Social Theology (Mitos Keagamaan, Teologi Sosial) > 203 Public Worship and Other Practices/Praktik Keagamaan Lainnya 200 RELIGION (AGAMA) > 200 Religious Mythology, Social Theology (Mitos Keagamaan, Teologi Sosial) > 204 Religious Experiences/Pengalaman Religius 200 RELIGION (AGAMA) > 200 Religious Mythology, Social Theology (Mitos Keagamaan, Teologi Sosial) > 207.5 Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arditya Prayogi |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:12 |
URI: | https:///id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |