Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MTS Al-Amin Pekalongan

Fadli, Failasuf (2019) Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MTS Al-Amin Pekalongan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (1). pp. 19-28. ISSN 2599-2139

[img] Text
Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.pdf - Published Version

Download (497kB)
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/artic...

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran pada materi (Pendidikan Agama Islam) PAI di sekolah merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai di sekolah. Selain itu, siswa juga tidak antusiasdalam merespon materi yang disampaikan gurunya. Perilaku yang seperti itu disebabkan karena materi PAI dianggap kurang menarik, selain itu penggunaan model pembelajaran yang monoton menjadikan siswa kurang aktif serta belum dapat mengembangkan ketrampilannya dalam berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa di kelas cenderung hanya melihat dan mendengar materi pelajaran yang diberikan gurunya. Sedangkan Pembelajaran PAI merupakan upaya membekali peserta didik dengan pengetahuan, pemahaman, dan nilai-nilai yang bersumber dari ajaran islam. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, maka guru diharapkan dapat menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan pola piker siswa. Metode pembelajaran yang dimaksud salah satunya adalah metode pembelajaran inkuiri. Implentasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan daya berpikir kritis dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber primer guru yang mengampu mata pelajaran PAI (Fiqih, al-Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam) dan peserta didik MTs Al-Amin Pekalongan. Proses Penelitian ini melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penilitian ini mengemukakakn bahwa pembelajaran inkuiri yang melibatkan secara maksimal …

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri, berpikir, kritis, aktif
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:25
Last Modified: 14 Oct 2019 05:37
URI: https:///id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item