Nilai-Nilai dan Makna Bimbingan Konseling Islam dalam Hadis Shahîh Bukhari (Studi Hadis Tentang Rukun Islam)

Zulfa, Nadhifatuz (2017) Nilai-Nilai dan Makna Bimbingan Konseling Islam dalam Hadis Shahîh Bukhari (Studi Hadis Tentang Rukun Islam). Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20 (2). pp. 124-144. ISSN 2527-5992

[img] Text
NILAI-NILAI DAN MAKNA BIMBINGAN KONSELING ISLAM.pdf - Published Version

Download (258kB)
Official URL: http://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/Religia...

Abstract

Rukun Islam dipandang hanya sebagai bagian dari inti ibadah. Padahal sesungguhnya dalam rukun Islam terkandung nilai-nilai bimbingan konseling Islam yang bisa dijadikan rujukan dalam pembentukan akhlâqul karîmah. Kandungan hadits Shahîh Bukhari tentang Rukun Islam diantaranya hadits ini merupakan hadits yang tinggi kedudukannya, karena berisi pondasi agama Islam, sekaligus pondasi bimbingan dan konseling Islam. Nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam yang terkandung dalam hadits ini di antaranya nilai Aqîdahmeliputi visi dan misi bimbingan dan konseling Islam khususnya dalam syahadat dan ibadah haji, serta optimisme dan ketenangan batin, nilai Syari’ah meliputi perbuatan lahiriyah atau kegiatan (praktek/action) dalam bimbingan dan konseling Islam, nilai Sosial/Muamalah meliputi rasa empati, kepedulian sosial, kasih sayang, tolong menolong dalam kebaikan, persatuan dan kesatuan, persamaan dan persaudaraan, serta kebersamaan (jamaah), dan nilai Akhlak meliputi out put bimbingan dan konseling Islam, yakni akhlâqul karîmah, dengan terbentuknya insan muttaqîn

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pillars of Islam, The value and Meaning of Islamic Guidance and Counseling
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.21 Kumpulan Hadits Bukhari
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:06
Last Modified: 11 Apr 2023 09:54
URI: http://repository.uingusdur.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item