Pramesti, Santika Lya Diah (2017) Analisis Materi Dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 25-32. ISSN 2548-3994
Text
Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks (Skripsi).pdf - Published Version Download (402kB) |
Abstract
Sumber belajar begitu luas dan kompleks, lebih dari sekedar media pembelajaran. Penelitian ini menganalisis dua buah buku sebagai sumber belajar matematika siswa MTs di Kabupaten Kudus, yakni buku “Matematika Realistik Untuk SMP dan MTs” sebagai buku utama, dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) “Matematika Konsep Aplikasi 2” sebagai buku pembanding. Dalam penelitian ini menggunakan 2 orang penilai untuk meneliti kualitas setiap buku berdasar dua aspek, yakni aspek materi dan aspek penyajian buku sesuai yang telah ditetapkan oleh Pusat Perbukuan (Pusbuk). Hasil penelitian menunjukkan penilaian peneliti serta guru penilai, buku teks “Matematika Realistik Untuk SMP dan MTs” sebagai sumber belajar matematika dalam kategori berkualitas sangat baik karena memuat setiap indikator dari tiap sub aspek materi dan penyajian oleh Pusbuk, bahkan memiliki nilai lebih pada sub aspek materi prasyarat, problem solving, dan melibatkan siswa secara aktif. Untuk sumber belajar matematika buku sekolah elektronik (BSE) “Matematika Konsep dan Aplikasinya 2” yang dijadikan sebagai pembandingnya memiliki dalam kategori berkualitas baik menurut penilaian peneliti maupun guru penilai, karena memuat setiap indikator dari tiap sub aspek materi dan penyajian oleh Pusbuk.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika; sumber belajar; buku teks |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 07:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 08:46 |
URI: | https:///id/eprint/133 |
Actions (login required)
View Item |