Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STML Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

Abdullah, Zuhair (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STML Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indonesian Journal of Natural Science Education, 2 (1). pp. 125-133. ISSN 2621-8755

[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STML.pdf - Published Version

Download (456kB)
Official URL: http://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang layak 2) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan pendekatan Borg and Gall. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, handout, lembar kegiatan peserta didik dan instrumen penilaian berupa tes untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik, lembar angket untuk mengukur kelayakan produk, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan lembar observasi untuk memperoleh informasi kebutuhan pada studi pendahuluan dan mengukur keterlaksanaan RPP. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) penyusunan draf produk; (4) validasi produk; (5) revisi I; (6) uji coba terbatas; (7) revisi II; (8) uji coba luas; (9) revisi III; (10) produk. Hasil penelitian menunjukkan : 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak. Kelayakan dibuktikan dengan rerata skor 4,2 yang masuk ke dalam kriteria sangat baik berdasarkan penilaian oleh dosen ahli, guru, dan teman sejawat. 2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Keefektifan dibuktikan dengan perbedaan gain yang signifikan (p<0,05) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada uji t dengan nilai p=0,001. 3).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Kemampuan Literasi Sains
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 18 Oct 2019 14:15
Last Modified: 19 Oct 2019 02:58
URI: http://repository.uingusdur.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item