Zaduqisti, Esti and Ula, Miftahul and Haryati, Tri Astutik and Basyar, Khoirul and Mashuri, Ali (2016) Pendidikan Islam Transformatif dan Kematangan Beragama sebagai Prediktor Pemahanan Konsep Jihad. STAIN Pekalongan Press, Yogyakarta. ISBN 978-979-3968-88-9
Text
Buku KONSEP JIHAD (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Memahami jihad, tidak selamanya berkonotasi dengan kekerasan, seperti: perang, mengangkat senjata, dan bahkan aksi teror. Buku ini menghadirkan konsep teoritis sekaligus temuan empiris tentang pemahaman jihad yang meliputi 3 aspek, yaitu jihad damai, jihad defensive, dan jihad ofensif. Jihad dalam perspektif psikologi merupakan salah satu dari objek pemahaman sebagai atribut kognitif jiwa manusia. Pemahaman yang dimiliki seseorang diprediksi oleh berbagai macam faktor. Secara garis besar faktor tersebut adalah faktor situsional dan faktor kepribadian. Sebagai faktor situsional, pendidikan merupakan sarana bagi individu untuk membentuk pemahamannya mengenai objek pemahaman, yang diantaranya adalah jihad. Sebagai faktor kepribadian, kematangan beragama adalah sentimen keberagamaan seseorang yang dicerminkan dari diri individu dengan ciri-cirinya yang mengarahkan kepada pemahaman seseorang (termasuk pemahaman konsep jihad)
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jihad, Transformatif, Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 05:14 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 05:14 |
URI: | https:///id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |