Manajemen Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Berbasis Scientific Approach di MIN Se-EksKarasidenan Pekalongan

Mustakim, Zaenal (2019) Manajemen Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Berbasis Scientific Approach di MIN Se-EksKarasidenan Pekalongan. Manajemen Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Berbasis Scientific Approach di MIN Se-EksKarasidenan Pekalongan.

[img] Text
Manajemen Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Berbasis Scientific Approach di MIN Se-EksKarasidenan Pekalongan.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui salah satu fungsi manajemen yaitu implementasi pembelajaran mapel rumpun PAI berbasis scientific approach di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan; kedua,mengetahui kendala atau hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran mapel rumun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan; dan ketiga, mengetahui respon peserta didik setelah proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan field research yang berusaha menelusuri salah satu fungsi manajemen yaitu implementasi pembelajaran mapel rumpun PAI berbasis scientific approach di MIN se-ekskarasidenan Pekalongan, dalam hal ini melingkupi MIN yang ada di kabupaten/kota di wilayah eks-karasidenan Pekalongan, yaitu Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan berbagai macam tehnik sebagai berikut : teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi pembelajaran mapel rumpun PAI berbasis scientific approach di MIN se-eksKarasidenan Pekalongan secara umum telah berjalan dengan baik, penuh motivasi, kreatif dan inovatif serta sistematis sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan rumusan 5 M; (2) Kendala yang dialami oleh para guru mapel rumpun PAI di MIN se-ekskarasidenan Pekalongan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis scientific approach bersumber paling tidak pada tiga hal: pertama, terdapat pada aspek pribadi peserta didik sendiri, kedua, terdapat pada aspek kompetensi guru, ketiga, terdapat pada aspek ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran; (3) respon yang ditunjukkan peserta didik setelah proses pembelajaran mapel rumpun PAI dengan pendekatan saintifik ini adalah peserta didik menjadi lebih aktif dan komunikatif, proses pembelajaran menjadi lebih dialogis dan peserta didik menjadi lebih kritis, memiliki semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: scientific approach, proses pembelajaran, PAI
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia/Pendidikan Dasar di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. H Zaenal Mustakim
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:15
Last Modified: 26 Nov 2021 23:06
URI: https:///id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item