Jaeni, Muhamad (2013) (بحث تحليلي في سوسيولوجي تربوي) دور المدرسة الإسلامية الإجملدوجمليسية في تكوين اجملتمع الصال. Forum Tarbiyah, 11 (1). pp. 20-34.
Full text not available from this repository.Abstract
Lembaga pendidikan, dalam hal ini adalah madrasah memiliki peran dalam membentuk anak didik sebagai individu dan juga sebagai anggota masyarakat yang baik. Dengan demikian, tulisan ini akan mencoba melihat peran madrasah secara sosiologi. Bagaimana madrasah memerankan diri sebagai “masyarakat kecil” dalam menuju masyarakat yang besar dan sebenarnya. Dan juga bagaimana ia mampu mencetak output pendidikan yang tidak hanya cakap dalam tataran kognitif, tetapi juga tataran afektif dan psikomotoriknya. Untuk merealisasikan konsep ini, madrasah sebagai bentuk masyarakat kecil dapat melakukan beberapa hal, yaitu: membuat desain kurikulum yang berdasarkan pada kebutuhan masyarakat; menciptakan model komunikasi intensif di kalangan stakeholders madrasah melalui kegiatan diskusi dan problem solving; membentuk iklim sekolah yang terbuka, bebas terarah, dan iklim kekeluargaan dan persaudaraan. Dalam praktik, paling tidak secara sosiologis, madrasah harus berperan dalam tiga hal; membekali ilmu pengetahuan, membentuk kepribadian moral dan sosial, melatih berbagai kecakapan hidup
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah, kurikulum, iklim madrasah |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 03:54 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 03:54 |
URI: | https:///id/eprint/725 |
Actions (login required)
View Item |