Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Puasa Wajib dan Puasa Sunah dengan Pembelajaran Kooperatif Tekhnik Jigsaw

Khamidah, Asih and Hanif, Ma’mun (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Puasa Wajib dan Puasa Sunah dengan Pembelajaran Kooperatif Tekhnik Jigsaw. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). pp. 1-10. ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur 1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitiani ni bertujuan untuk mendeskripsikanp konsep pembelajaran dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan kemampuan memahami materi puasa wajib dan puasa sunah pada peserta didik kelas VIII C SMPN 7 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Penelitian ini juga termasuk penelitian deskripif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterap dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.Dalam penelitian ini peneliti tidak bekerjasama dengan siapapun, kehadiran peneliti sebagai guru di kelas sebagai pengajar tetap dan dilakukan seperti biasa, sehingga siswa tidak tahu kalau diteliti. Dengan cara ini diharapkan didapatkand data yang seobyektif mungkin demi kevalidan data yang diperlukan. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 7 Pemalang. Hasil penelitian ini adalah (l) Penerapan pembelajaran kooperatif Teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (53.13% )siklus I (65,63%), siklus II (81,25%). (2) Penerapanp pembelajaran kooperatif Teknik jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari kembali materi pelajaran yang telah diterima, hal ini ditunjukan dengan antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran kooperatif Teknik jigsaw sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. (3) Pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan kerjasama antara siswa, hal ini dituniukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:44
Last Modified: 16 Jan 2023 04:59
URI: https:///id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item