Perkembangan dan Aktivisme Keilmuan dalam Pendidikan Islam

Firdaus, Mohommad Al and Hanif, Ma’mun (2022) Perkembangan dan Aktivisme Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur 3.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menelusuri dan menelaah karya-karya ilmiah baik yang berupa buku, jurnal, makalah, serta berbagai media yang mengulas tentang dinamika keilmuan keislaman dalam dunia pendidikan Islam. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber primer yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertamanya yakni: buku-buku yang bertema tentang epistemologi, perkembangan dan aktivisme keilmuan dalam Islam. Sementara sumber sekunder yaitu jurnal dan makalah yang bersinggungan dengan tema penelitian. Data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian ini kemudian dikelompokkan dan dianalisisi untuk memahami dan menginterpretasikan data-data yang berupa pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga diperoleh arti atau makna yang terkandung didalam data atau pernyataan itu. Berdasarkan pada hasil analisis data diambil simpulan bahwa secara umum perkembangan ilmu didorong oleh paham humanisme yang berkembang menjadi rasionalisme dan berlanjut ke tahap empirisme. Teori tentang ilmu yang sering disebut-sebut dalam dunia Islam ialah pengembangan ilmu yang berdasarkan rasional, inderawi, dan kasyaf. Ethos keilmuan umat Islam melingkupi kegiatan pengembangan yang khas, diantaranya: kepaduan ilmu dan agama, dikotomi keilmuan dalam Islam, Islamisasi Ilmu, pengilmuan Islam, dan pengembangan keilmuan Islam integratif-interkonektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan keilmuan, Pendidikan Islam
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:08
Last Modified: 16 Jan 2023 07:08
URI: https:///id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item