Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang

Khoiroh, Jazaul and Hanif, Ma’mun (2022) Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur 4_Revisi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mengetahui problemaika/ kendala yang ditemui dilapangan serta mengetahui solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan dan wawancara langsung dilapangan, baik dengan guru, serta stakeholder lain yang dapat menunjang perolehan data penelitian. Data diperoleh dalam penelitian ini ialah data yang akan dianalisis bukan berupa angka-angka tetapi dalam bentuk data kualitatif, dengan demikian dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi Guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang, antara lain menggunakan strategi membaca, strategi bercerita, strategi nonton vidio, strategi berdiskusi/berkelompok dan strategi pemberian tugas. Sedangkan problematika yang ditemui dilapangan adalah kurangnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, ketika diberi penugasan oleh guru entah penugasan secara mandiri maupun kelompok terkadang peserta didik tidak mematuhi perintahnya, penerapan strategi bercerita yang menimbulkan salah satu murid tidak memperhatikan teman yang sedang maju, dan mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun solusi stratefi dalam memotivasi belajar siswa adalah guru harus memberikan strategi yang menarik dan tidak membuat bosan, guru harus memberikan motivasi dan pengarahan kepada peserta didik, jika siswa mengantuk atau bosan ketika ada pelajaran sejarah kebudayaaan Islam maka siswa bisa melakukan cara membasuh muka/berwudhu, membuat catatan kecil dan jika terdapat kendala dalam memahami materinya hendaknya siswa menanyakan hal tersenbut, agar guru bisa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi dan sejarah kebudayaan bangsa
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:28
Last Modified: 16 Jan 2023 08:28
URI: https:///id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item