Optimalisasi Peran Komite Dalam Pelaksanaan Managemen Berbasis Madrasah (MBM) Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi

Mufidah, Mufidah and Hanif, Ma’mun (2022) Optimalisasi Peran Komite Dalam Pelaksanaan Managemen Berbasis Madrasah (MBM) Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur 6.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang optimalisasi peran komite madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah menuju madrasah mandiri berprestasi. Lokasi penelitian di MI Rifa’iyah Limpung Batang tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peran dari komite madrasah dalam penerapan managemen berbasis madrasah, tingkat partsipasi komite madrasah, faktor yang mendukung dan menghambat peran komite madrasah di MI Rifa’iyah Limpung Batang dalam mendukung pencapaian madrasah mandiri berprestasi tahun 2022. Penelitian ini memakai konsep pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yakni seluruh data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa dan dihubungkan antara fenomena dengan kenyataan yang ada, kemudian dibuat deskripsi secara sistematis dan akurat tentang keadaan yang sebenarnya dalam bentuk narasi. Data penelitian diperoleh dari sumber primer berupa hasil wawancara, observasi dokumentasi dari informan yaitu kepala Madrasah, Guru, Siswa, Pengurus komite, dan sumber sekunder berupa buku, hasil penelitian, jurnal dan artikel yang relevan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan managenen berbasis madrasah di MI Rifa'iyah Limpung Batang sudah berjalan cukup baik. Peran komite madrasah sangat optimal dibuktikan dengan memberikan pertimhangan dan masukan terhadap rencana dan program yang telah dibuat oleh madrasah, memberikan supporting berupa pemikiran, tenaga dan finansial, meningkatkan sarana dan prasarana madrasah dan memberikan kontrol terhadap kebiiakan kepala madrasah,.juga menjadi mediator antara madrasah pihak luar yaitu orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah. Madrasah yang mandiri dan berprestasi niscaya dapat diwuiudakan dengan optimalisasi dan colaborasi dari semua pemangku kepentingan untuk istiqomah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran Komite - MBS - Madrasah Mandiri Berprestasi
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration/Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 16 Jan 2023 09:18
Last Modified: 16 Jan 2023 09:18
URI: https:///id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item