Upaya Guru PAI Dalam Mengimplemtasikan Pembelajaran Model PAIKEM Di SMP N 3 Pekalongan

Muna, Nailal and Hanif, Ma’mun (2022) Upaya Guru PAI Dalam Mengimplemtasikan Pembelajaran Model PAIKEM Di SMP N 3 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). pp. 70-77. ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur 7.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya atau proses guru membelajarkan peserta didik secara aktif dan efektif untuk mancapai tujuan pembelaiaran yang telah ditetapkan, yang dilakukan secara sengaja terprogram, tersistem, terfasilitasi, terbimbing, terarah, dan terorganisasi. Suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil haik, iika kegiatan belaiar mengajar dapat membangkitkanp roses belajar. Penentuan atau ukuran dari pembelaiaran yang efektif terletak pada hasilnya. Salah satu upaya mengimplementasikan PAIKEM yang dilakukan, oleh guru PAI di SMP N 3 Pekalongan diantaranya dengan menggunakan alat bantu dan sumber yang beragam,memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan, dan mengungkapkan gagasannya sendiri baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, guru juga menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa' Pembelajaran yang disampaikanpun dikaitkan dengan pengalaman siswa sehari-hari.Proses pelaksanaan PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SMP N 3 Pekalongan, berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pelaksanaan PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SMP N 3 Pekalongan berlangsung secara baik.upaya atau usaha yang telah dilakukan guru PAI juga dapat dikatakan sudah maksimal dan sudah menjalankan kewaiibannya sebagai pendidik.secara baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 16 Jan 2023 10:14
Last Modified: 16 Jan 2023 10:14
URI: https:///id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item