Janah, Siti Naimatul and Hanif, Ma’mun (2022) Pengaruh Profesionalisme Guru Agama Islam Terhadap Keberhasilan Belajar Mengajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Kelas V Semester Genap Sekolah Dasar Negeri Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). pp. 78-85. ISSN 977-2579946003
Text
Jurnal Figur 8.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Seberapa profesional guru Agama Islam terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Bidang Pendidikan Agama Islam di Kelas V Semester Genap SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui Bagaimana Keberhasilan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Semester Genap.SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui apakah ada pengaruh antara profesionalisme guru dengan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas V semester genap di SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis pendahuluan dengan menggunakan rumus Mean, kemudian analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan perhitungan koefisien product moment dan analisis lanjutan dengan membandingkan koefisien product moment dengan nilai r tabel. Data diperoleh dari populasi kelas V sebanyak 15 siswa, dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Profesionalisme Guru Pendidikan Aganta Islam (PAI) SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020, termasuk dalam kualitas yang baik, hal ini terlihat dari hasil pengolahan data vang menuniukkan hasil analisis, yang .sama dengan 0,999. Keberhasilan pembelajaran Mata Pela.jaran Pendidikan Agama lslam pada siswa Kelas V Semester Genap di SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020, menunjukkan hasil yang baik. Keberhasilan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD N Sangubanyu 02 tergolong baik karena dapat dilihat dari hasil pengolahan data yang menunjukkan hasil analisis yaitu sebesar 0,999. Hasil tersebut .jika dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% dan I% lebih besar dengan jumlah responden 15 yaitu 0,514 dan 0,641. Dari sini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan meyakinkan (signifikan) antara Pengaruh profesionalisme Guru Agama Islam terhadap Keberhisilan Belajar Srswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V Semester Genap di SD N Sangubanyu 02 Bawang Batang Tahun Pelajaran 2019/2020
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme. Guru Agama Islam, Keberhasilan Belajar Siswa |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher/Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 10:35 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 10:35 |
URI: | https:///id/eprint/754 |
Actions (login required)
View Item |