Lukman, Saeful and Hanif, Ma’mun (2022) Pendekatan-Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (6). pp. 86-94. ISSN 977-2579946003
Text
Jurnal Figur 9.pdf Download (9MB) |
Abstract
Keberadaan kurikulum merupakan bagian penting dari suatu sistem pendidikan, karena merupakan pedoman yang memuat tata cara langkah-langkah dalam menentukan tercapainya suatu tujuan. Demikian juga kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) juga memiliki peran yang sangat strategis karena merupakan kerangka yang mengarah pada tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Pendidikan Islam bertujuan untuk menggali potensi fitrah manusia berdasarkan syariat Islam. Tentu saja kurikulum PAI pada kenyataannya tidak terlepas dari permasalahannya, misalnya model pembelajaran yang masih monoton, repositori dan tumpang tindih, serta konsep-konsep keagamaan yang sering diajarkan tidak memiliki relevansi dengan konteks kehidupan sosial. Pendidik dan seluruh tenaga kependidikan harus mampu memahami kurikulum dan mampu mengembangkannya. Dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) harus memiliki pendekatan yang tepat, agar kurikulum yang dikembangkan dapat mengantarkan peserta didik pada perubahan yang diharapkan. Pendidik dapat memilih dari sekian banyak pendekatan yang relevan dengan model pembelajarannya dan tentunya harus memperhatikan karateristik pendidikan agama Islam itu sendiri. Ada empat pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum, antara lain: pendekatan akademik, humanistik, teknologi, dan rekonstruksi sosial. Kurikulum yang dikembangkan tentunya juga dapat diterapkan oleh guru PAI dalam proses belaiar mengaiar di satuan pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan, Pengembangan Kurikulum, PAI |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Curricula/Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:08 |
URI: | https:///id/eprint/755 |
Actions (login required)
View Item |