Etnografit Tentang Reproduksi Guru PAI di Lingkungan Organisasi Program Studi PAI STAIN Pekalongan

Ismanto, Mohamad Arif and Hanif, Ma’mun (2022) Etnografit Tentang Reproduksi Guru PAI di Lingkungan Organisasi Program Studi PAI STAIN Pekalongan. Jurnal Pendidikan Figur: Media Publikasi Karya Ilmiah Guru Republik Indonesia, 8 (2). pp. 31-39. ISSN 977-2579946003

[img] Text
Jurnal Figur10.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang ingin dicapai untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang budaya/tradisi reproduksi guru PAI di lingkungan organisasi program studi PAI STAIN Pekalongan terkait dengan proses pembelajaran tatap muka di kelas dan penjelasan tentang macam-macam aktivitas dan nilai yang dijadikan pedoman/prinsip bagi para dosen yang tergabung dalam lingkungan organisasi program studi PAI STAIN Pekalongan dalam menjalankan aktivitas proses pembelajaran tatap muka di kelas. Selain itu, penelitian ini juga bisa berguna, secara teoritis untuk menambah khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan dan secara praktis bisa untuk bahan masukan untuk mahasiswa dan menentukan kebijakan lebih lanjut bagi organisasi program studi PAI STAIN Pekalongan mengenai proses pembelajaran tatap muka di kelas yang berguna untuk melahirkan calon guru PAI yang berkualitas Salah satu cara yang efektif untuk menanamkan ajaran-ajaran agama Islam kepada masyarakat supaya memiliki kepribadian muslim adalah melalui proses pembelajaran di lingkungan satuan organisasi pendidikan (sekolah/madrasah) dan salah satu elemen yang bertanggungjawab dalam menanamkan ajaran-ajaran agama Islam bagi masyarakat di lingkungan satuan organisasi pendidikan (sekolah/madrasah) adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu lembaga pendidikan profesi yang bisa melahirkan calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi versi Spradley. Etnografi versi Spradley menggunakan dua belas langkah. Langkah-langkah ini yang sering dikenal sebagai Alur Penelitian Maju Bertahap. Adapun subyek penelitian adalah para dosen program studi PAI STAIN Pekalongan dan objek penelitian adalah situasi sosial terdiri atas tiga elemen, yaitu tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (acktifity) yang ada di lingkungan organisasi program studi PAI STAIN Pekalongan dalam mereproduksi calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI).Melalui penelitian ini ditemukan, selama ini para informan dalam melakukan aktivitas-aktivitas seperti pembuatan SILABUS, SAP, kontrak kuliah, memilih metode-metode yang dipakai ketika menjalankan proses pembelajaran tatap muka di kelas, dan rnelakukan penilaian (evaluasi) terhadap mahasiswa bisa dikatakan leluasa/bebas namun tetap sesuai dengan panduan dari STAIN Pekalongan, Mereka memiliki nilai-nilai kebebasan dalam dirinya untuk mengikuti panduan dari STAIN Pekalongan ketika menjalankan aktivitas pembelajaran tatap rnuka di kelas sebagai proses mereproduksi calon guru PAI STAIN Pekalongan sehingga ini dapat dikatakan sebagai budaya yang terjadi dalam Organisasi program studi PAI STAIN Pekalongan pada saat ini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnografi, Reproduksi Guru PAI, Program Studi PAI STAIN Pekalongan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:19
Last Modified: 17 Jan 2023 03:19
URI: https:///id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item