Teori dan Model Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam

Sholehuddin, M. Sugeng (2008) Teori dan Model Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. [Teaching Resource] (Unpublished)

[img] Text
TEORI DAN MODEL KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (13MB)

Abstract

Gagasan, praktek. dan konsep modernisasi Pendidikan Islam yang dikemukakan. Para tokoh.tidak.akan lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut antara lain faktor intern dan ekstern. Faktor intern misalnya sesuatu yang sangat berpengaruh dan berasal dari pribadi atau dari dalam dirinya misal lingkungan keluarga dan karir pendidikan yang dilalui. Adapun yang dimaksud faktor ekstern adalah sesuatu hal yang dapat mempengaruhi karakter seseorang dan biasanya hal tersebut datang dari luar dirinya misal setting sosial meliputi keadaan politik, sosial budaya masyarakat. sekitar, ideologi/madzhab yang dianut oIeh negara dan warganya serta keadaan ekonomi termasuk pendidikan dan bacaan yang digeluti,- semua itu akan mendukung bagi perkembangan peradaban ilmu pengetahuan di satu wilayah tertentu terlebih lagi bagi perkembangan intelektual seseorang. Zianuddin Sardar telah menganalisa bahwa pendidikan Islam akan dan bahkan telah mengalami keruntuhan paradigma, salah satu dari keruntuhan, paradigmanya adalah mengguritanya nuansa dikotomi ilmu pengetahuan (ilmu agama dan umum) yang sangat dirasakan di pendidikan Islam kasus madrasah dan pesantren (MI,MTs, MA dan PTAI) yang lebih mengedepankan; ilmu-ilmu ; keislaman dan pendidikan umum (SD, SLTP, SMU, PTU) lebih memprioritaskan ilmu-ilmu umum. Masih menurutnya,salah satu solusi yang ditawarkan untuk keluar dari masalah di atas adalah dengan cara merombak tata pikir umat Islam dalam bidang pendidikan Islam secara ofensif, artinya umat Islam harus bisa menerima dan mau mempelajari apapun yang ada di luar tradisi keilmuan Islam, misalnya ilmü eksak, sosial dan ilmu-ilmu; humaniora lainnya. Jika bätas dikotomi pengetahuan ini dapat dihindari, maka pendidikan Islam akan menjadi sebuah pendidikan yang inklusif.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: Tokoh Pendidikan Islam, Pemikiran Tokoh
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.42 Gerakan Pembaharuan Pemikiran dalam Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:46
Last Modified: 20 Mar 2023 01:46
URI: https:///id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item