Model Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu dalam Pandangan Filosofis-Pedagogis

Jaeni, Muhamad and Kusumawati, Putri Rahadian Dyah (2022) Model Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu dalam Pandangan Filosofis-Pedagogis. PT. Nasya Expanding Management, Bojong Pekalongan. ISBN 978-623-423-581-4

[img] Text
COPYRIGHT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HARMONISASI ILMU.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman konsep harmonisasi ilmu yang berkembang di kalangan dosen pengampu mata kuliah umum di FTIK dapat dibagi kepada tiga katagori, yaitu: (1) pemahaman pragmatik; (2) pemahaman normatif, dan (3) pemahaman idealistik. Perbedaan tiga pandangan di atas sedikit besarnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pengetahuan dan juga kesadaran akademik dalam upaya mengembangkan keilmuan integratif. Di antara komponen perangkat pembelajaran yang penting dalam proses perkuliahan adalah kurikulum dan RPS. Dua komponen ini yang akan mendukung proses pembelajaran berbasis harmonisasi sains dan agama. Kurikulum yang digunakan di jurusan umum masih menggunakan kurikulum KKNI, dan untuk tahun akademik 2022/2023 sudah menggunakan kurikulum merdeka belajar dengan penditribusian MK keagamaan yang proporsional. Model kurikulum yang digunakan masih bersifat sparated curriculum, belum menerapkan model integrated curriculum. Konsep harmonisasi ilmu juga tertuang dalam indikator CPL dalam RPS yang dibuat oleh para dosen.

Item Type: Book
Editors:
EditorsEmail
Nasrudin, MohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harmonisasi Ilmu, Model pembelajaran
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:13
Last Modified: 31 Mar 2023 07:13
URI: https:///id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item