Meningkatkan Kinerja Industri Batik Melalui Kepercayaan dan Fleksibilitas dengan Kohesivitas Produk sebagai Variabel Intervening

Tamamudin, Tamamudin and Budiharjo, Arif (2022) Meningkatkan Kinerja Industri Batik Melalui Kepercayaan dan Fleksibilitas dengan Kohesivitas Produk sebagai Variabel Intervening. [Research]

[img] Text
Laporan Hasil penelitian 2022 (1).pdf

Download (837kB)

Abstract

Kepercayaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kohesivitas produk. Keputusan membeli dapat ditingkatkan melalui pengenalan merek melalui tiga dimensi yaitu, produk dan nama perusahaan. Berdasarkan standardized regression weights dapat diketahui bahwa indikator nama perusahaan merupakan indikator dari pengenlan merek yang paling berpengaruh dan paling kuat dalam meningkatkan keputusan membeli dengan nilai estimasi 0,77. Sedangkan indikator produk merupakan yang paling rendah dengan nilai estimasi sebesar 0,73. Persepsi kualitas mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan membeli. Keputusan membeli dapat ditingkatkan melalui persepsi kualitas melalui tiga dimensi yaitu, desain, warna dan kualitas produk. Berdasarkan standardized regression weights dapat diketahui bahwa indikator warna merupakan indikator dari persepsi kualitas yang paling berpengaruh dan paling kuat dalam meningkatkan keputusan membeli dengan nilai estimasi 0,82. Sedangkan indikator desain merupakan yang paling rendah dengan nilai estimasi sebesar 0,72. Harapan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan membeli. Keputusan membeli dapat ditingkatkan melalui harapan konsumen melalui tiga dimensi yaitu, harga, ketersediaan dan ukuran. Berdasarkan 64 standardized regression weights dapat diketahui bahwa indikator ukuran merupakan indikator dari harapan konsumen yang paling berpengaruh dan paling kuat dalam meningkatkan keputusan membeli dengan nilai estimasi 0,83. Sedangkan indikator harga merupakan yang paling rendah dengan nilai estimasi sebesar 0,76 Inovasi produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan membeli. Keputusan membeli dapat ditingkatkan melalui inovasi produk melalui tiga dimensi yaitu, perluasan lini, produk baru dan produk benar-benar baru. Berdasarkan standardized regression weights dapat diketahui bahwa indikator produk baru merupakan indikator dari inovasi produk yang paling berpengaruh dan paling kuat dalam meningkatkan keputusan membeli dengan nilai estimasi 0,84. Sedangkan indikator perluasan lini merupakan yang paling rendah dengan nilai estimasi sebesar 0,74. Keputusan membeli mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dapat ditingkatkan melalui keputusan membeli melalui tiga dimensi yaitu, Pengetahuan Manfaat Produk, Kebutuhan akan Produk dan Ketertarikan terhadap Produk. Berdasarkan standardized regression weights dapat diketahui bahwa indikator Kebutuhan akan Produk merupakan indikator dari keputusn membeli yang paling berpengaruh dan paling kuat dalam meningkatkan loyalitas konsumen dengan nilai estimasi 0,86. Sedangkan indikator Ketertarikan terhadap Produk merupakan yang paling rendah dengan nilai estimasi sebesar 0,72.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Industri batik, Kohesivitas Produk
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:19
Last Modified: 18 Apr 2023 06:19
URI: https:///id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item