Model Manajemen Pemasaran Pendidikan Menurut Paradigma Total Quality Management In Education Pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Untung, Moh. Slamet and Fathuddin, Ahmad Ubaedi (2022) Model Manajemen Pemasaran Pendidikan Menurut Paradigma Total Quality Management In Education Pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah. [Research]

[img] Text
laporan penelitian pak untung dan pak ubed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Madrasah perlu memperhatikan strategi pemasaran pendidikan dalam menarik pelanggannya. Strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan pelanggan jasa pendidikan. Peran Kepala Madrasah dalam menerapkan manajemen pemasaran pendidikan amat krusial. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menjelaskan peran tersebut. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menganalisis peran tersebut. Penelitian ini berusaha menganalisis model manajemen pemasaran pendidikan di Madrasah Tsanawiyah se eks Karesidenan Pekalongan menurut paradigma TQM in Education yang diterapkan Kepala Madrasah. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimana peran Kepala Madrasah Tsanawiyah se eks Karesidenan Pekalongan dalam menerapkan manajemen pemasaran pendidikan berbasis Total Quality Management in Education, (2) Apa strategi yang dipakai dalam menerapkan manajemen pemasaran pendidikan tersebut, dan (3) Apa dampaknya untuk madrasah tersebut berkenaan dengan penerapan manajemen pemasaran pendidikan itu. Lokasi penelitian ini ialah Madrasah Tsanawiyah se eks Karesidenan Pekalongan Jawa Tengah. Data primer penelitian ini ialah variabel utama penelitian berupa model manajemen pemasaran pendidikan di Madrasah Tsanawiyah se eks Karesidenan Pekalongan. Sedangkan data sekundernya ialah landasan teoretis yang diperoleh melalui kajian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan termasuk jenis penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi (triangulasi) dilengkapi dengan materi audio dan visual. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deduktif, induktif, dan deskriptif-analitik. Temuan-temuan dari penelitian ini ialah: 1. Peran Kepala Madrasah Tsanawiyah se eks Karesidenan Pekalongan dalam menerapkan manajemen pemasaran pendidikan berbasis Total Quality Management in Education a. MTs. Nurul Huda Banyuputih Batang Kepala MTs. Nurul Huda memiliki peran strategis dalam merencanakan program kerja madrasah yang terdiri dari RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) yang dijabarkan dalam RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan dinyatakan dalam RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah). Peran tersebut diikuti dengan pengorganisasian dan evaluasi. b. MTs. Muhammadiyah Kajen Kepala MTs. Muhammadiyah Kajen berperan dalam merencanakan program jangka panjang, menengah, dan pendek. Perencanaan program tersebut diikuti dengan pengorganisasian dan pengawasan. Kepala Madrasah tersebut juga berperan dalam peningkatan mutu. c. MTs. Salafiyah Jenggot Kepala MTs. Salafiyah Jenggot membuat perencanaan dengan menentukan tujuan, strategi, program kerja, metode, dan anggaran. Kepala Madrasah itu juga berperan dalam proses pengorganisasian dan evaluasi. d. MTs. N 1 Pemalang Kepala MTs. N 1 Pemalang membuat perencanaan program kerja RKAM tahunan Madrasah yang terdiri dari dua; program kerja tahunan dan program kerja menengah. Selain itu, Kepala Madrasah itu juga melakukan pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi. e. MTs. N 2 Tegal Kepala MTs. N 2 Tegal melakukan proses perencanaan program kerja, pelaksanaan dan pengawasan. Bentuk pengawasan yang dilakukan Kepala Madrasah ini melibatkan seluruh pelanggan baik internal maupun eksternal. Pengawasan tersebut dilakukan melalui media sosial dan tatap muka. f. MTs. N 1 Brebes Kepala MTs. N 1 Brebes berperan sebagai manajer dalam melakukan proses perencanaan program jangka panjang, menengah, dan pendek. Peran tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah tersebut. 2. Strategi pada Model Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Perspektif TQM in Education pada Tingkat MTs se Eks Karesidenan Pekalongan a. MTs. Nurul Huda Banyuputih Batang MTs Nurul Huda Banyuputih Batang lebih menfokuskan strateginya pada pembentukan tim kreatif media sosial dalam memperkenalkan keunggulan Madrasah kepada masyarakat. Strategi lain dengan melibatkan secara aktif guru menjadi Pengurus NUdan menggerakkan alumni dan komunitas “Orang Tua Asuh” untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Madrasah. b. MTs. Muhammadiyah Kajen MTs. Muhammadiyah Kajen menggunakan strategi pemasaran pendidikan dengan mempromosikan program unggulan berupa kelas tahfidz. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT juga menjadi strategi lain untuk menunjang proses pembelajaran. c. MTs. Salafiyah Jenggot Salah satu strategi pemasaran MTs. Salafiyah Jenggot dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan yang berada di bawah satu Yayasan Pendidikan Salafiyah (Yapensa). Strategi lainnya berupa kerja sama dengan masyarakat setempat yang peduli dengan Madrasah tersebut. d. MTs. N 1 Pemalang Strategi MTs. N 1 Pemalang dalam memasarkan jasa pendidikannya menggunakan promosi kelas unggulan dan kelas berasrama. Selain itu, startegi lainnya dilakuan dengan membangun kerja sama yang baik antara semua pihak, baik komite, orang tua/wali murid, maupun masyarakat sekitar. Selain itu, Madrasah tersebut memanfaatkan media komunikasi. e. MTs. N 2 Tegal Pemanfaatan media digital menjadi strategi yang diterapkan oleh MTs. N 2 Tegal. Selain itu, kerja sama yang dibangun dengan pihak internal dan eksternal juga menjadi strategi lain yang digunakan oleh MTs. N 2 Tegal. Kelas unggulan juga menjadi strategi yang dijadikan sebagai daya jual Madrasah tersebut dalam menjawab kebutuhan masyarakat setempat. f. MTs. N 1 Brebes Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan oleh MTs. N 1 Brebes sebagai strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Sarana dan prasarana yang lengkap menjadi faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan yang telah direncanakan Madrasah tersebut. Selain itu, media sosial juga dimanfaatkan oleh MTs. N 1 Brebes dalam mempromosikan jasa pendidikannya kepada masyarakat.

Item Type: Research
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fathuddin Ahmad Ubaedi
Date Deposited: 15 May 2023 05:53
Last Modified: 16 May 2023 02:33
URI: https:///id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item