Muniroh, Siti Mumun (2009) Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6 (1). pp. 1-16. ISSN 2541-6944
Text
Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak.pdf - Published Version Download (94kB) |
Abstract
Kecerdasan interpersonal sangat urgen bagi masa depan anak. Bagaimana dengan tingkat kecerdasan interpersonal anak dan pola pengembangan keterampilan sosialnya pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ulul Albab Kota Pekalongan? Melalui pendekatan double approach (kuantitatif-kualitatif), hasil penelitian mengungkap bahwa tingkat kecerdasan interpersonal siswa SDIT sebagian besar atau 89% masuk kategori sedang, selain itu 4% kategori tinggi, serta 7% kategori rendah. Sedangkan pola keterampilan sosial yang dilakukan pada siswa-siswi SDIT di antaranya dilakukan melalui membangun kurikulum caracter building, membangun keberanian berkomunikasi melalui bercerita, membangun kedekatan personal dan bermain, penanaman nilai-nilai moralitas Islam, belajar menyelesaikan konflik, membiasakan berbagi, dan menumbuhkan sikap kerjasama
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multiple intelligenc,kecerdasan interpersonal,caracter building, keterampilansosial |
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.9 Intelligence and Aptitudes/Kecerdasan dan Bakat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Junaeti Aqin |
Date Deposited: | 13 Oct 2019 03:15 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:56 |
URI: | https:///id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |