Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak

Muniroh, Siti Mumun (2009) Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6 (1). pp. 1-16. ISSN 2541-6944

[img] Text
Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak.pdf - Published Version

Download (94kB)
Official URL: http://e-journal.uingusdur.ac.id/701/.ac.id/index....

Abstract

Kecerdasan interpersonal sangat urgen bagi masa depan anak. Bagaimana dengan tingkat kecerdasan interpersonal anak dan pola pengembangan keterampilan sosialnya pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ulul Albab Kota Pekalongan? Melalui pendekatan double approach (kuantitatif-kualitatif), hasil penelitian mengungkap bahwa tingkat kecerdasan interpersonal siswa SDIT sebagian besar atau 89% masuk kategori sedang, selain itu 4% kategori tinggi, serta 7% kategori rendah. Sedangkan pola keterampilan sosial yang dilakukan pada siswa-siswi SDIT di antaranya dilakukan melalui membangun kurikulum caracter building, membangun keberanian berkomunikasi melalui bercerita, membangun kedekatan personal dan bermain, penanaman nilai-nilai moralitas Islam, belajar menyelesaikan konflik, membiasakan berbagi, dan menumbuhkan sikap kerjasama

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: multiple intelligenc,kecerdasan interpersonal,caracter building, keterampilansosial
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.9 Intelligence and Aptitudes/Kecerdasan dan Bakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 13 Oct 2019 03:15
Last Modified: 05 Apr 2023 06:56
URI: https:///id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item