Literasi dan Inklusi Produk Halal Indonesia: Studi Wilayah Eks Karesidenan Pekalongan

Ismanto, Kuat and Farmawati, Ira (2023) Literasi dan Inklusi Produk Halal Indonesia: Studi Wilayah Eks Karesidenan Pekalongan. [Research]

[img] Text
LITERASI DAN INKLUSI PRODUK HALAL DI INDONESIA.pdf

Download (900kB)

Abstract

Industri halal telah tumbuh dan berkembang di Indonesia dan mancanegara dengan cepat belakangan ini. Bahkan, negara Non muslim seperti Thailand mengembangan industri halal bidang pariwisata. 2015). Indonesi juga tidak ketinggalan dalan bidang industri ini dengan melakukan penyelenggaraan program sertifikasi halal produk. Bidang industri halal ini meliputi produk dalam jumlah yang banyak di antara pakaian, wisata, kosmetik, makanan dan minuman, keuangan dan perbankan, farmasi, dan lainnya. Keinginan Indonesia menjadi pusat halal dunia menjadikan survei literasi dan inklusi produk halal penting untuk dijalankan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa literasi dan inklusi civitas akademika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan khususnya, dan masyarakat eks karesidenan Pekalongan pada umumnya, dikategorikan tinggi. Semua jawaban berada di atas 75%. Dari sisi literasi, pengetahuan mereka tinggi dengan contoh telah mengetahu i produk halal dan produk berlabel halal. Dari sisi inklusi, juga dikategorikan tinggi karena mereka terbuka untuk mengkonsumsi produk halal serta dukungannya untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Literasi, Produk halal, inklusi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.03 Ijtihad dan Taqlid
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:58
Last Modified: 25 Oct 2023 07:13
URI: https:///id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item