Respon Dan Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Pengembangan Kurikulum 2013

Muhlisin, Muhlisin (2015) Respon Dan Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Pengembangan Kurikulum 2013. In: Prosiding Simposium Nasional Riset Pendidikan II 2015 "Guru Transformatif untuk Pendidikan yang lebih baik". Universitas Paramadina, Jakarta, pp. 431-444. ISBN 978-602-7807-58-7

[img] Text
2015 Prosiding_Respon & Kesiapan Kuriulum Paramadina.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang respon guru Agama Islam di Kabupaten Batang terhadap kebijakan pengembangan kurikulum 2013. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan pemahaman Guru terhadap kurikulum 2013, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Dari kedua tujuan tersebut peneliti akan dapat mengidentifikasi tentang tingkat kesiapan Guru dalam mengimplementasikan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sebagaimana digariskan dalam kurikulum 2013. Untuk itu, peneliti menggunakan dua pendekatan penelitian campuran (mixed methods) dengan model sequential explanatory, yakni metode penelitian kombinasi yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Data Penelitian ini mengambil informan sejumlah guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kabupaten Batang. Data yang didapatkan melalui tehnik wawancara, angket, dan dokumentasi dianalisis dengan dua tehnik analisis sekaligus, yaitu analisis kuantitatif-statistik dan analisis kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar memiliki respon yang cukup baik (63,4%) terhadap lahirnya kebijakan pengembangan kurikulum 2013. Respon guru terhadap kurikulum 2013 mencakup respon perseptual, respon afektif dan respon psikomotorik. Kedua, Pemahaman guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar terhadap kurikulum 2013 termasuk dalam kategori cukup baik (63,8 %). Pemahamannya meliputi pemahaman terhadap konsep dasar kurikulum 2013, pemahaman atas proses pembelajaran dan pemahaman terhadap sistem evaluasinya. Ketiga, Tingkat kesiapan guru Pendidikan agama Islam Sekolah Dasar dalam menerapkan kurikulum 2013 dapat dikategorikan baik (74,8 %). Kesiapan para Guru Pendidikan Agama Islam tersebut mencakup kesiapan dalam perencanaan pembelajaran, kesiapan dalam proses pembelajaran dan kesiapan dalam menerapkan sistem evaluasi pembelajaran

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Respon, Kesiapan, Guru, Kurikulum 2013
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Curricula/Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhlisin Muhlisin
Date Deposited: 08 May 2023 08:25
Last Modified: 08 May 2023 08:25
URI: https:///id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item