Arditya, Prayogi (2023) PENGEMBANGAN PRODUK TEKNOLOGI YANG BERDASARKAN KOMPUTER PEMBELAJARAN (VIDEO GAME) PADA MATA PELAJARAN PAI. In: Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI. CV. Pustaka Peradaban, Malang, pp. 161-180. ISBN 978-623-88615-3-8
Text
8. (Arditya Prayogi) BR-Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI.pdf - Published Version Download (19MB) |
Abstract
Penggunaan video game dalam pembelajaran agama Islam saat ini masih belum banyak dipraktikkan. Ini karena gagasan mengenai video game masih pada pandangan bahwasanya video game dijadikan sebagai media pembelajaran karena lebih bersifat tersier. Artikel ini kemudian bertujuan untuk menyajikan secara teoretis maupun praktis tentang cara menggunakan dan memanfaatkan video game sebagai media dalam pembelajaran PAI. Artikel ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung oleh metode pengumpulan data dalam bentuk studi literatur. Dari hasil telaah ini, ditemukan bahwa secara teoritis video game dapat digunakan dalam pembelajaran PAI jika dilihat dari perannya sebagai media untuk mentransfer informasi dan nilai-nilai. Secara praktis, penggunaan video game sebagai media belajar PAI dapat dilakukan dalam beberapa cara, seperti membangun seluruh sistematika video game, penafsiran nilai-nilai dalam video game, dan melakukan kolaborasi dengan penggunaan berbagai media lainnya.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0 Islam 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.072 Studi Islam 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arditya Prayogi |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:43 |
URI: | https:///id/eprint/992 |
Actions (login required)
View Item |